Penerima BLT di Lamongan Menurun

Lamongan – Sebanyak 111.411 RTM (Rumah Tangga Miskin) di Kabupaten Lamongan akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) tahun 2008. Jumlah tersebut menurun dibandingkan dengan tahun 2005 yang mencapai 111.809.

Menurut Kepala Dinas KB dan Kesos Kabupaten Lamongan R. Hari Purwanto mengatakan, BLT di Kabupaten Lamongan dimungkinkan cair pada pertengahan bulan Juli ini. SEmentara saat ini masih dilakukan verifikasi data penerima BLT atau RTS (rumah tangga sasaran) oleh perangkat desa.

“Memang desa yang melakukan verifikasi, seperti penerima yang meninggal tanpa ahli waris, yang pindah desa maupun yang sudah tidak layak lagi karena sudah tidak masuk kategori miskin, setelah diverifikasi desa, data dikembalikan ke PT Pos sebagai penyalur dan selanjutnya bantuan dapat mulai dicairkan,” terangnya.

Pencairan, telah disiapkan sekitar 140 titik pelayanan pencairan di 27 kecamatan. Banyaknya titik pelayanan tersebut, lanjut Aris, untuk mengantisipasi terjadinya antrian panjang yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tentunya diberikan perhatian lebih kepada warga yang rentan seperti yang dalam keadaan hamil, sakit dan yang berusia tua, sehingga kemungkinan terburuk yang diakibatkan antrian dapat diminimalisir,” pungkasnya.

Iklan

About this entry