Citizen Journalism Mewabahi Dunia

Artikel ini kami ambil di sebuah blog di internet

Citizen journalism adalah tindakan masyarakat yang aktif untuk berpartisipasi memberikan kontribusi untuk mengumpulkan, melaporkan, menganalisis dan menyebarkan berita dan informasi. Jadi dalam citizen journalism tidak hanya professional jurnalis yang bisa menyebarkan berita kepada public, masyarakat biasa pun mempunyai kesempatan untuk menyebarkan berita kepada public.

Citizen journalism tidak dapat disamakan dengan civic journalis, yaitu jurnalisme yang diterapkan oleh professional. Citizen journalism hanya sebagai wadah masyarakat untuk menuangkan aspirasinya dan informasi yang mereka ketahui. Jadi citizen journalism kredibilitasnya tidak sekuat jurnalis professional (civic jounalist).

Dewasa ini Citizen journalism mempunyai banyak peran dan fungsi. Citizen journalism berperan sebagai wadah bagi public untuk berpartisipasi dalam menyebarkan berita dan informasi. Partisipasi itu terlihat dengan memberikan komentar tentang suatu berita, blog, foto, video, dan berita lokal yang biasanya tidak ada di media massa nasional.

Citizen journalism juga memberikan kebebasan bagi public untuk bebas menyajikan informasi dan berita. Selain untuk berbagi masalah dan keluhan citizen journalism juga berperan mencipatakan hubungan digital antar manusia di dunia untuk saling membantu memecahkan masalah masing-masing

Di Indonesia sendiri citizen journalism sendiri sudah mulai berkembang, ini di dukung dengan banyaknya situs-situs dari luar yang merangsang masyarakat untuk menerapkan citizen journalism seperti situs yang menyediakan fasilitas blog gratis untuk siapapun. Selain itu banyak juga situs penyedia jasa membuat website gratis.

Citizen journalism mulai dapat diterima oleh masyarakat karena kemudahan akses internet sehingga setiap orang bisa meng-upload informasi. Program-program untuk citizen journalism sangat mudah untuk dipelajari. Berbagai media juga membuka kesempatan bagi citizen journalism untuk berkembang.

Kekuatan citizen journalism di Indonesia adalah adanya kebebasan berbicara (memberikan informasi dan aspirasi public) yang mendukung demokrasi sebagai system pemerintahan Indonesia. Setiap orang memiliki hak untuk memberikan kritik, informasi, opini dan saran dengan bebas tanpa harus takut terjerat hukum.

Selain itu kekuatan dari citizen journalism yaitu mengalahkan media massa lain dalam hal aktualitas. Contoh yang paling nyata adalah blog perezhilton.com dimana informasi selebritis dan hiburan bisa lebih cepat dari E! entertainment news yang ditayangkan di televisi.

Namun dibalik kekuatan yang dimiliki citizen journalism justru menjadi kelemahan untuk citizen journalism. Masyarakat Indonesia bisa menyalahgunakan kebebasan yang diberikan untuk hal yang semena mena seperti menyebarkan pornografi, penghinaan, berita bohong dan berita lainnya yang sifatnya negative, tidak etis dan melanggar hukum.

Kelemahan ini mendukung adanya kelemahan lain yaitu, tidak ada aturan atau kode etik yang mengatur mengenai citizen journalism. Dengan adanya citizen journalism kebebasan arus informasi jadi tidak terkontrol karena tidak ada batasan apakah informasi tersebut boleh disebar luaskan.

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh citizen journalism adalah persaingan dengan media lain dalam hal kredibilitas. Media yang muncul terlebih dahulu lebih dipercaya oleh public dibanding situs atau blog baru, apalagi citizen journalism ditulis oleh public biasa bukan professional journalist.

Tantangan lain yang harus dihadapi oleh citizen journalism adalah sulitnya mengumpulkan masa untuk membaca berita dan informasi yang dihasilkan citizen journalism karena sulitnya masyarakat pedalaman dan masyarakat ekonomi kelas bawah dalam mengakses internet.

Blogger merupakan salah satu bentuk dari citizen journalism, namun citizen journalism tidak dapat disamakan dengan pers atau wartawan(civic journalist). Pertama mereka bukanlah seorang professional jurnalis, mereka hanya menulis berita sesuai dengan informasi yang didapat dan keinginan mereka, tidak seperti professional jurnalis yang tidak hanya sekedar mencari tapi juga melakukan klarifikasi informasi. Pers professional memiliki tanggung jawab sosial yang besar karena berita yang disebar luaskan harus dapat dipertanggung jawabkan kepada public, sehingga harus melalui tahap-tahap seperti verifikasi kebenaran informasi.

Akan tetapi berbeda dengan civic journalis, citizen journalism bekerja tanpa menggunakan kode etik dan undang-undang pers. Sehingga tidak ada sanksi yang jelas bagi citizen journalism yang melanggar hukum karena sulit untuk melacak penulisnya.

Jadi secara keseluruhan citizen journalism merupakan wadah baru bagi public untuk mendapatkan informasi juga berpartisipasi dalam menyampaikan informasi kepada public. Terlepas dari segala kelemahan dan kelebihannya citicen journalism berkembang pesat di dunia dan Indonesia. Citizen journalism sudah menjadi bagian dari masyarakat informasi.


About this entry