Republik Banjir

Sejak akhir Desember 2007 hingga kini, sebagian wilayah Indonesia masih saja tergenang oleh banjir. Tidak hanya daerah langganan banjir saja yang menjadi sasaran, daerah yang sebelumnya aman dari banjir juga tak luput dari genangan air.

Di Lamongan, banjir terbesar terjadi pada tahun 1994, atau 14 tahun yang lalu. namun pada akhir Desember 2007, banjir besar kembali menyatroni sebagian wilayah Lamongan. Ironisnya, pada banjir kali ini, Lamongan (khususnya wilayah Kecamatan Laren) menjadi korban dari jebolnya tanggul bengawan solo di wilayah Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.
Setidaknya belasan desa terendam dan lima diantaranya terisolir. Banjir tersebut mulai surut, setelah lebih dari dua pekan menggenangi pemukiman warga. Meski pemukiman telah terbebas dari banjir, namun sawah dan tambak milik warga hingga kini masih tergenang air. Akibatnya, para petani dan petambak gagal panen. Kerugian yang ditimbulkanpun tidak sedikit. Ditaksir mencapai milyaran rupiah. Sementara seorang warga hilang dan dua diantaranya meninggal dunia akibat terseret banjir.
Kini ancaman banjir mulai datang lagi. Derasnya air kiriman dari hulu bengawan solo kembali menjebol tanggul di daerah Tuban. Beberapa desa di Kecamatan Widang yang berbatasan dengan Kecamatan Laren sudah terendam. kini warga di wilayah Laren harus mewaspadai datangnya air banjir tersebut.
Banjir bukan sebatas musibah yang datang begitu saja. Jika ditelaah ada beberapa faktor yang menyebabkan banjir, diantaranya kerakusan manusia membabat hutan. meningkatnya volume air laut akibat global warming atau pemanasan global, serta minimnya kesadaran untuk merawat bengawan solo.
Di lain sisi, banjir juga menjadi sebuah kebijakan pemerataan sosial. Semula, antara juragan tambak dan para kulinya jauh berbeda. Namun dengan adanya banjir, seolah semua manusia sama. Si kaya rumahnya tergenang air dan harus makan dari bantuan para relawan. Tidurpun sama-sama di tempat pengungsian. Si miskin pendapatnya jauh lebih baik karena tambak yang tergenang air, membuat ikan-ikan juragan lepas dan masuk pada jaring-jaring yang mereka pasang.
Banjir merupakan sebuah sistem yang bisa jadi diciptakan oleh tuhan untuk mengingatkan manusia. Mengingatkan akan adanya tuhan yang mengatur semesta alam, mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dan mengingatkan agar manusia jangan takabur karena masih kalah dengan air.
Apa yang terjadi di Lamongan ini, hanya sebagian kecil dari potret Indonesia belakangan ini. banyak yang menyebut indonesia menjadi Republik Banjir jika musim penghujan tiba. Bagi para jurnalis, apapun situasinya, berita tetaplah berita…(tim)

About this entry